6 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Indonesia, Mana Favorit Agan?


6 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Indonesia. Bahasa pemrograman alias script language adalah rangkaian instruksi atau perintah yang terdiri atas banyak baris dan dapat dimengerti oleh komputer. Karena itu, bahasa yang digunakan diproses dengan menggunakan script program agar instruksi yang ada di dalamnya dapat dijalankan.
alt="6 bahasa program paling populer di Indonesia"
Nah, berbicara soal bahasa pemrograman, ada berbagai bahasa yang digunakan oleh para programmer, lho! Dan mirip seperti bahasa untuk berkomunikasi yang ada di dunia, tidak semua programmer menguasai semua bahasa pemrograman yang ada – biasanya, satu programmer menguasai dan menggunakan 1 atau 2 bahasa saja ketika sedang membuat program.
Buat Agan yang sedang akan belajar pemrograman dan masih memilih apa bahasa pemrograman yang cocok untuk dipelajari, yuk kenalan dengan 6 bahasa pemrograman paling populer di Indonesia ini!

6 tips belajar pemrograman secara otodidak atau sendiri 

1. Java
Ada berbagai alasan mengapa Java jadi salah satu bahasa pemrograman paling populer bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Soalnya, Java bisa dijalankan di berbagai platform, mulai dari perangkat mobile sampai PC. Selain itu, Java juga bisa dijalankan di berbagai sistem operasi dan merupakan salah satu pemrograman OOP alias object-oriented programming (pemrograman berorientasi objek). Jadi, Java terasa lebih mudah digunakan para programmer ketika sedang membuat program. Belum lagi, Java pun memiliki pustaka atau library lengkap yang membuat proses pemrograman jadi terasa makin mudah lagi.

2. C
C language alias bahasa pemrograman C bisa dikatakan sebagai bahasa pemrograman tertua, lho! Soalnya, C language dikembangkan sejak tahun 1970an. Di Indonesia sendiri, popularitasnya didukung oleh penggunaan C yang paling umum di bangku kuliah karena banyak silabus yang mensyaratkan para mahasiswa IT untuk belajar C language dulu sebelum belajar bahasa pemrograman yang lain. Hal ini bukannya tanpa alasan: C language bisa disebut sebagai “bapak” dari berbagai bahasa pemrograman lain, seperti C++, C#, sampai Java.

3. PHP
PHP atau PHP Hypertext Pre-processor juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer di Tanah Air. Selain gratis, PHP juga merupakan server side scripting yang didesain untuk membangun sebuah website yang dinamis. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan PHP dalam pengembangan berbagai situs ternama seperti WordPress dan Facebook.

4. Visual Basic
Bahasa pemrograman yang satu ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan IT global terdepan, yaitu Microsoft. Di sini, terdapat IDE visual yang ditawarkan dalam proses pengembangan software, sehingga Visual Basic pun paling umum digunakan untuk pembuatan software yang berbasis OS Windows. Di samping itu, Visual Basic sendiri merupakan “keturunan” dari bahasa pemrograman lain, yaitu BASIC.

5. Python
Kalau di dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python sebenarnya termasuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. Python sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman untuk membangun aplikasi web maupun mobile. Meskipun disebut-sebut para programmer sebagai bahasa tingkat tinggi, Python sebenarnya terbilang cukup mudah untuk dipelajari oleh pemula, kok. Soalnya, Agan bisa membaca bahasa pemrograman ini dengan syntax yang juga mudah dipahami. Selain itu, banyak perusahaan besar yang menggunakan Python, seperti Pinterest, Instagram, Google, sampai NASA.

6. C++
Nah, “anak” dari C language ini juga memiliki syntax penulisan yang hampir sama dengan “bapaknya”, namun ada beberapa perbedaan mencolok di antara keduanya. Berbeda dengan C language yang menyelesaikan masalah dengan membagi-baginya ke dalam sub-masalah lebih kecil, alias bahasa pemrograman procedural, C++ fokus pada objek sehingga permasalahan dibagi-bagi ke dalam class. Popularitas C++ salah satunya juga dikarenakan oleh penggunaannya di berbagai software besar, seperti Adobe dan Firefox.

Comments

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>