Kegunaan Bahasa Pemrograman C Bukan Hanya untuk Kuliah, Lho!


Kegunaan Bahasa Pemrograman C Bukan Hanya untuk Kuliah. Sebagai “bapak” dari berbagai bahasa pemrograman atau script language lain, C language sering kali menjadi modul yang wajib dipelajari dan dikuasai oleh para mahasiswa terlebih dahulu.

Dengan begitu, setelah materi ini dikuasai, mahasiswa pun bisa belajar bahasa pemrograman lainnya. Serupa seperti ketika Agan belajar konsep dasar HTML untuk menguasai HTML secara keseluruhan, belajar C language juga akan memudahkan Agan dalam memahami berbagai bahasa pemrograman lainnya.

Bahasa pemrograman paling populer di Indonesia

Meski begitu, bahasa pemrograman C sebenarnya punya banyak kegunaan, lho! Artinya, C language bukan hanya sebatas digunakan untuk silabus kuliah saja. Kalau begitu, apa saja ya kegunaan dari script program yang satu ini?

alt="bahasa program c"
 Untuk Mempelajari Kernel Sistem Operasi
Tahukah Agan kalau kernel dari Windows, OSX, dan Linux sebenarnya dibangun menggunakan C language? Kernel alias kumpulan system libraries, hardware driver, system calls, compiler, dan berbagai aplikasi user adalah program komputer yang berfungsi untuk mengelola input dan output hardware dan aplikasi yang dibuat programmer. Kernel nantinya akan menerjemahkan instruksi dari aplikasi atau software agar menjadi instruksi yang dijalankan oleh CPU dan hardware lainnya.

Untuk Membuat Aplikasi Desktop
Membangun aplikasi desktop adalah salah satu bidang yang paling diminati oleh para developer software, dan permintaannya seolah tak ada akhirnya. Nah, dengan menggunakan C language, Agan pun bisa membuat beragam aplikasi desktop, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks dengan memanfaatkan GUI library di dalam sistem operasi yang digunakan – GUI library Windows Form untuk Windows, GUI library Cocoa untuk OSX, dan GTK untuk Linux dan Unix. Apalagi, C language juga nanti akan bisa bantu Agan untuk menggunakan GUI library yang bersifat lintas platform (cross platform), seperti IUP, Qt, WxWidget, dan FLTK.

Untuk Membuat Aplikasi Microcontroller
C language sebenarnya sudah lama digunakan dalam proses pengembangan aplikasi microcontroller. Contoh yang paling banyak dikenal adalah CodeAVR, yang adalah IDE dalam pengembangan aplikasi microcontroller di dalam chip AtMega. Belum lagi, microcontroller punya kegunaan yang sangat luas dan dapat digunakan dalam membangun perangkat robotik, elektronik, sampai internet of things. Makanya, Agan jangan heran kalau para pengembang robot sangat bersahabat dengan C language.

Untuk Mengembangkan Teknologi Open Source
Kalau tidak ada pengembangan aplikasi open source, barangkali jumlah programmer yang ada di dunia sangat terbatas, lho. Nah, mengingat bahwa pengembangan aplikasi open source di dunia juga dibantu oleh penggunaan C language, Agan yang ingin berkontribusi di sini juga bisa memanfaatkannya dengan menyumbang fitur, memperbaiki kode program, dan sebagainya.

Untuk Belajar Bahasa Pemrograman Lain
Karena C language melahirkan banyak bahasa pemrograman lain, bukan tak mungkin bagi Agan untuk bisa menyusun dan membuat bahasa pemrograman Agan sendiri, lho! Kalau masih tidak yakin, ada bahasa pemrograman PHP, Ruby, Python, dan NodeJS yang sangat populer tersebut sebenarnya juga merupakan turunan dari C language. Selain itu, ada juga bahasa pemrograman BAIK bikinan asli Indonesia yang juga berakar dari C language dalam proses pembangunan dan pengembangannya.

Di samping itu, C language juga bisa Agan manfaatkan untuk menyusun library bahasa pemrograman lainnya, lho. Soalnya, berbagai bahasa pemrograman terkenal seperti yang sudah disebutkan di atas juga mengizinkan pemrogram untuk membangun library menggunakan C language.
Nah, itulah beberapa kegunaan utama dari C language. Jadi, apakah Agan masih merasa takut atau malas untuk belajar bahasa pemrograman yang manfaatnya luar biasa ini?

Comments

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>